C. Jenis-jenis Mail Server

Mail server memiliki berbagai jenis-jenis tertentu berdasarkan sistem pengoperasian dan programnya. Beberapa jenis mail server diantaranya adalah :

  1. SendMail adalah sistem mail server yang paling standar dan banyak digunakan pada sistem operasi Linux/Unix. Versi pertama dari SendMail adalah 8.8.5 yang dirilis pada tanggal 21 Januari 1997. SenMail sangat mudah ditembus oleh kumpulan malicionus code.
  2. QMail adalah mail server yang disebut-sebut sebagai server teraman dalam sistem operasi mail server. Hal ini dikarenakan Qmail belum memiliki sedikitpun celah keamanan yang dapat mengganggu maupun merusak kinerja mail server tersebut. QMail dibuat oleh Dan J. Bernstein seorang profesor Departemen Matimatika, Statistik dan Ilmu komputer dari universitas Illinois Chicago, Amerika Serikat. QMail harus di install secara mandiri ke dalam Linux/Unix OS. QMail telah banyak digunakan oleh penyedia email besar seperti Hotmail dan Yahoo.
  3. Postfix merupakan mail server yang dibuat berdasarkan hasil pengembangan dari server SendMail. Postfix dianggap sebagai MTA teraman dibandingkan SendMail dan tercepat dibandingkan QMail. Postfix dibuat pada tahun 1998 oleh seorang ahli pengamanan (Security specialist) dari IBM bernama Wietse Venema. Postfix mulai di pasarkan pada tanggal 22 Januari 1998, aplikasi ini sangat populer karena memilki kemudahan dalam mendapatkan kode program serta dapat di jalankan dalam sistem operasi open source. Postfix dapat dijalankan pada sistem operasi Linux/Unix serta Mac OS X.
  4. Zimbra mail adalah software open source yang digunakan untuk email dan kolaborasi (groupware). Yang mana menyediakan solusi email server yang powerfull, penjadwalan, kalender grub, kontak dan juga manajemen penyimpanan dokumen via web. Zimbra Mail Server ini tersedia untuk Linux, ac OS X dan platform virtualisasi. Zimbra juga menggunakan klien ajak web 2.0 yang dapat dijalankan pada browse Firefox, Safari dan Internet Explorer (6.0+) dan IE. Selain itu Zimbra ini juga lebih mudah diintegrasikan dengan portal web API, aplikasi bisnis dan VoIP menggunakan web services.

Sumber :

  • M. Rizal, 2019. Administrasi Sistem Jaringan SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Bumi Perkasa.
  • Patwiyanto, Sri Wahyuni, Sumari Agus Prasetyo, 2018. Administrasi Sistem Jaringan SMK/MAK Kelas XII. Yogyakarta: Andi.