D. Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan

Jenis sistem operasi jaringan berdasarakan fungsi dan skala

Berdasarkan Fungsi
Sesuai fungsi komputer pada sebuah jaringan, tipe jaringan komputer dapat dikategorikan menjadi jaringan peer to peer dan jaringan client/server. Adapun jenis-jenis sistem operasi jaringan berdasarkan fungsinya dikategorikan menjadi dua, yaitu client dan server. namun demikian, juga terdapat jaringan yang memilki komputer khusus yang diperuntukan sebagai server, sedangkan sisanya sebagai client atau sebaliknya.

Berdasarkan Skala
Berdasarkan skalanya, sistem operasi jaringan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :
1. Personal Area Network (PAN)
Personal Area Network adalah jaringan komputer yng digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan perangkat-perangkat lain seperti handphone, speaker, komputer dan perangkat lain. Jangkauan jaringan komputer ini relatif sangat dekat sehingga tidak bisa menjangkau jarak yang jauh. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet. Jaringan PAN digunakan untuk menghubungkan perangkat pribadi seperti (handphone, headset, smartphone, laptop dan lain-lain) sehingga bisa terbentuk komunikasi. Contoh yang biasa diterapkan jaringan PAN adalah jaringan ad hoc untuk komunikasi laptop dengan laptop, komunikasi laptop dengan handphone menggunakan bluetooth, dan lain-lain.


2. Campus Area Network (CAN)
Campus Area Network (CAN) adalah sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa Local Area Network (LAN) dalam suatu wilayah geografis yang terbatas. CAN lebih kecil dari Wide Area Network (WAN) atau Metropolitan Area Network (MAN). CAN berfokus pada interkoneksi jaringan antar departement dalam sebuah kampus. Jika antar departement sudah saling terhubung membentuk jaringan CAN diharapkan pertukaran data antar departemen akan menjadi lebih cepat karena sudah tidak melalui jaringan internet melainkan melalui jaringan LAN yang sudah dibangun.


3. Local Area Network (LAN)
Local Area Network atau jaringan LAN adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak terbatas. cakupan wiyah jaringan lokal umumnya hanya meliputi jaringan kontor, jaringan lab komputer, jaringan di sekolah, jaringan di kampus, jaringan dirumah atau hanya satu gedung saja. Jaringan LAN biasanya akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu wilayah yang jaraknya berdekatan.


4. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan area metropolitan (JAM) (bahasa Inggris: Metropolitan area network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan JAM adalah gabungan dari beberapa JAL. Jangkauan dari JAM ini antar 10 hingga 50 km, JAM ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Beberapa teknologi yang digunakan untuk tujuan ini adalah Asynchronous Transfer Mode (ATM), FDDI, dan SMDS. Teknologi ini sekarang dalam proses digantikan oleh Eternet berbasis koneksi (misalnya, Metro Ethernet) di kebanyakan daerah. JAM menghubungkan antara jaringan area lokal yang telah dibangun tanpa kabel baik menggunakan microwave, radio, atau laser link infra-merah. Sebagian besar perusahaan menyewa atau meminjam sirkuit dari operator umum karena peletakan kabel panjang secara membentang berbiaya mahal.


5. Wide Area Network (WAN) yang memilki jarak jangkauan antar kota, negara dan benua.
Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.


6. Global Area Network (GAN)
Global Area Network adalah skala besar WAN dan diimplementasikan secara global atau dunia. Jaringan ini bisa disebut juga dengan istilah internet, karena dapat menghubungkan komputer – komputer yang ada di seluruh dunia. Total jaringan terdiri dari sejumlah besar sub-jaringan dengan sebagian besar konektivitas antara jaringan dilakukan dengan menggunakan jaringan nirkabel. Untuk menghubungkannya, maka dibangun jaringan kabel serat optic yang menghubungkan satu benua dengan benua lain, kabel serat optic tersebut dibangun di dasar laut.