A. Apa itu FTP ?

Jika Anda ingin menyalin file di antara dua komputer yang berada di jaringan lokal yang sama, sering kali Anda cukup “berbagi” drive atau folder, dan menyalin file dengan cara yang sama seperti menyalin file dari satu tempat ke tempat lain di PC Anda sendiri.

Bagaimana jika Anda ingin menyalin file dari satu komputer ke komputer lain yang tersebar di belahan dunia lain? Anda mungkin akan menggunakan koneksi Internet Anda. Namun, demi alasan keamanan, sangat jarang berbagi folder melalui Internet.

Transfer file melalui Internet menggunakan teknik khusus, salah satu yang tertua dan paling banyak digunakan adalah FTP. FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, dapat mentransfer file antar komputer manapun yang memiliki koneksi Internet, dan juga bekerja antar komputer menggunakan sistem operasi yang sama sekali berbeda.

Mentransfer file dari komputer klien ke komputer server disebut Upload atau mengunggah dan mentransfer dari server ke klien disebut Download atau mengunduh.

Didalam FTP terdapat dua komponen utama yang dapat digunakan, yakni FTP Server dan FTP Client

  • FTP Server merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk memberikan akses file, mendownload, dan menambah suatu file didalamnya.
  • FTP Client berfungsi untuk mengakses FTP Server dengan menggunakan akun yang sudah diberikan akses oleh FTP Server.

Untuk dapat mengakses FTP Server cukup dengan memasukan nama host pada URL Address bar di browser yang digunakan dan menambahkan “ftp://” sebelum nama host. Sehingga akan muncul seperti berikut:

ftp://namahost.com

Jadi bisa di simpulkan bahwa File transfer protocol (FTP) merupakan protokol yang bertugas untuk menjembatani pertukaran informasi/File di dalam suatu komputer. Jika kamu mengunduh dan mengunggah file, maka semua aktivitas tersebut dapat dilakukan dengan adanya bantuan FTP.

Daftar Pustaka

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Berkas