H. Implementasi SSH

Implementasi SSH dapat dijumpai pada produk-produk berikut :

  1. PuTTY (Windows)

    Gbr. Aplikasi PuTTY (Windows)

    PuTTY adalah suatu aplikasi terminal emulator yang mensupport berbagai protokol jaringan seperti: SSH, Telnet program, RLogin, dan SUPDUP. Aplikasi terminal emulator ini memungkinkan Anda untuk mengakses suatu komputer yang ada di tempat lain secara remote.Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengakses komputer server. Komputer server umumnya terletak di suatu tempat yang jauh. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengelola server tersebut tanpa harus mendatanginya secara fisik.PuTTY menggunakan user interface berbasis teks. Anda tidak akan mendapatkan tampilan grafis. Untuk menjalankan sejumlah perintah, Anda harus menggunakan command line. Hal ini cukup menyulitkan saat ingin mentransfer suatu data. Anda butuh aplikasi lain yang memiliki tampilan grafis untuk menunjang fungsi transfer data. Anda bisa menggunakan FileZilla dan WinSCP.Aplikasi ini dikembangkan oleh Simon Tatham. Salah satu aplikasi terminal emulator tertua yang masih eksis hingga saat dan terus dikembangkan.Aplikasi ini awalnya hanya dikembangkan untuk menunjang OS Windows. Tapi kini Anda bisa menggunakannya juga di Linux dan Mac OS.PuTTY bersifat open source jadi Anda bisa menggunakannya secara gratis. 
  2. OpenSSH (Unix, Windows)
    Gbr. laman situs OpenSSH

    OpenSSH adalah satu set aplikasi komputer yang bisa mendukung sesi komunikasi terenkripsi pada jaringan komputer menggunakan protokol ssh. Awalnya aplikasi ini dikembangkan sebagai aplikasi open source yang menjadi alternatif dari aplikasi serupa yang berbayar. OpenSSH dikembangkan dan merupakan bagian dari proyek OpenBSD. Dalam perkembangan selanjutnya, OpenSSH tidak hanya memberikan aplikasi remote shell melalui ssh atau remote eksekusi program saja, tapi bisa digunakan untuk tunnelling atau setup vpn antara dua jaringan.
    Contoh OpenSSH mengontrol server dari jarak jauh melalui Unix shellSumber : https://en.wikipedia.org/wiki/OpenSSH#/media/File:OpenSSH_CLI.png 
  3. FreeSSH 
  4. LSH (unix) 
  5. Okhapkin s port of SSH1(windows) 
  6. MacSSH (Macintosh) 
  7. TeraTerm (windows) 
  8. NitfyTelnet 1.1 SSH (Machintosh) 
  9. Commercial SSH 
  10. F-Secure SSH (unix,Windows) 
  11. Secure CRT, SecureFX (windows) 
  12. Vshell (Windows) 
  13. SSH communication Security (unix, windows) 

Daftar Pustaka

  • https://en.wikipedia.org/wiki/OpenSSH/
  • https://www.jogjahost.co.id/blog/putty-adalah/