A. Pengertian Mail Server

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari Mail server:

  1. Mail Server yaitu sebuah layanan atau server yang digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah email. Mail server dapat digunakan untuk mengolah, mengirim, dan menerima data-data dalam bentuk email dengan menggunakan domain email khusus atau domain sendiri.
  2. Mail server adalah sebuah server (penyedia) layanan internet baik dengan kabel, nirkable (tanpa kabel), atau pun cloud yang dimanfaatkan untuk transaksi data surat elektronik (email) di dalam satu jaringan mail server yang sama.
  3. Mail Server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu sama lain dalam stu jaringan atau dengan internet.
  4. Mail server adalah sebuah aplikasi surat elektronik yang di instalkan di server sebagai sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer.
  5. Mail Server adalah sebuah server atau layanan internet berbasis cloud computing yang digunakan untuk mengirim dan menerima email dalam satu jaringan mail server yang sama. Mail server dapat mengumpulkan, mengolah dan mengirim data-data serta informasi dalam bentuk email atau surat elektronik dengan menggunakan domain email khusus atau domain email tersendiri. Mail server menggunakan dasar layanan client-server, dimana client dapat mengakses server email melalui aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari Web Mail server:

  1. Webmail merupakan suatu layanan email yang dapat diakses melalui sebuah browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, opera dan lain-lain.
  2. Webmail adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan dan provider internet yang memungkinkan Anda untuk mengakses e-mail Anda melalui halaman Internet, bukan melalui klien e-mail seperti Microsoft Outlook.
  3. Webmail adalah cara mengirim dan menerima email dari browser web, bukan dari klien email.
  4. Webmail adalah suatu aplikasi khusus yang disediakan penyedia layanan email untuk mengakses email melalui sebuah browser, seperti contohnya Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera, Google Chrome, dan lainnya.