A. Apa Itu DNS Server

Domain Name System (DNS) atau Sistem penamaan domain adalah suatu sistem yang bekerja untuk menghubungkan alamat URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya kita ketikkan di dalam browser dengan IP Address (Alamat Internet Protokol).

Secara sederhana DNS dapat diartikan sebagai system yang menerjemahkan domain/alamat website ke IP Address atau sebaliknya menerjemahkan IP Address ke domain/alamat website.

DNS muncul karena tidak semua orang bisa menghafal deretan angka seperti 123.242.34.1. Karena itulah DNS digunakan sehingga alamat 123.242.34.1 bisa berubah menjadi alamat.com sehingga lebih mudah diingat.

Domain Name System atau DNS membuat komunikasi antara manusia dan komputer jadi lebih mudah. Karena otak Manusia lebih mudah menggunakan nama atau bahasa sedangkan komputer menggunakan angka. DNS hadir berada di antara keduanya yaitu sebagai penterjemah.

Contoh konkritnya saat kita akan membuka website, biasanya kita mengetikkan deretan nama/huruf karena lebih mudah dihafal dan diingat seperti google.com, youtube.com, detik.com dan sebagainya daripada kita harus menuliskan deretan nomor atau IP Address dari server website tersebut.