D. Cara Kerja Web Server

Secara umum, cara kerja web server adalah dengan menerima permintaan yang berasal dari klien kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk berkas kepada klien tersebut.

Perangkat lunak yang digunakan pada web server terdapat di komputer server sebagai tempat menyimpan data-data website. Selain itu, komputer server membutuhkan akses internet yang cukup agar tetap terhubung dan dapat diakses oleh klien.

Ketika klien atau browser melakukan permintaan data ke web server, maka permintaan data tersebut akan dikemas pada Transmission Control Protocol (TCP) kemudian akan dikirimkan ke alamat yang dibutuhkan, misalnya HTTP atau HTTPS.

Tujuannya adalah agar konten dapat ditampilkan kembali pada browser. Namun, akan lain halnya jika data yang diminta tersebut tidak dapat ditemukan pada web server. Keadaan ini akan menyebabkan web server menolak secara otomatis permintaan tersebut dengan menampilkan notifikasi Page Not Found atau Error 404.

Secara sederhana cara kerja web server dapat dibentuk dalam request dan response. Request berarti tindakan dalam permintaan dari klien dan response berarti tindakan untuk mengirimkan permintaan dari klien. Meskipun proses atau cara kerja web server dapat dibilang sangat rumit, namun pada prakteknya proses tersebut berlangsung dengan sangat cepat. Bahkan, Anda bisa tidak menyadari bahwa pada saat meminta suatu halaman website, ternyata proses yang sangat panjang telah terjadi. Cara kerja web server memang tidak disadari, padahal ketika Anda melihat tampilan halaman suatu web sebenarnya Anda telah terlibat dalam proses tersebut.

Cara kerja web server :

  1. Ketika pengguna mengakses sebuah website melalui web browser, pada saat itu pengguna akan meminta layanan berupa file / halaman website yang terdapat pada sebuah Web Server.
  2. Kemudian, server yang berperan sebagai manager layanan akan merespon dengan mengirimkan file / halaman website yang diminta atau menolak permintaan tersebut jika halaman website yang diminta tidak tersedia.

Sumber :

  • https://blog.sribu.com/id/cara-kerja-web-server/