A. Apa itu Web Server

Web server atau juga dikenal dengan nama HTTP server dapat didefinisikan sebagai sebuah piranti lunak server yang berfungsi menerima dan mengirimkan kembali permintaan HTTP/HTTPS dari client. Hasilnya dalam bentuk halaman-halaman website dalam format HTML maupun PHP.

Dalam menangani permintaan dari client web server menggunakan protokol HTTP yang secara default berjalan pada port 80 dan HTTPS yang secara default berjalan pada port 443.

  • Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sistem untuk transmisi dan menerima informasi di Internet. Http berfungsi sebagai permintaan dan prosedur respon yang semua agen di Internet mengikuti sehingga informasi dapat cepat, mudah, dan akurat disebarluaskan antara server, yang memegang informasi, dan klien, yang mencoba untuk mengaksesnya. Http umumnya digunakan untuk mengakses halaman html, tetapi sumber daya lain bisa dimanfaatkan juga melalui http.
  • Hypertext Transfer Protokol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.

Oleh karena itu agar dapat memasang website pada suatu server dibutuhkan aplikasi web server. Beberapa aplokasi web server yang sering digunakan adalah Nginx, Litespeed, Lighttpd dan Apache.

Ketika HTTP server melayani pengguna, kebanyakan data yang dikirm berformat HTML. HTML bekerja bersama dengan file dari format lain, seperti CSS untuk mengatur tampilan, JS untuk mengatur interaksi, dan tambahan-tambahan lainya seperti gambar dan video.

Sumber :

  • M. Rizal, 2019. Administrasi Sistem Jaringan SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: Bumi Perkasa.
  • Patwiyanto, Sri Wahyuni, Sumari Agus Prasetyo, 2018. Administrasi Sistem Jaringan SMK/MAK Kelas XII. Yogyakarta: Andi.
  • http://yolandaaprinusa.blogspot.com/2016/06/web-server.html